Apa Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari?

Apa Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari?
Apa Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari? Apakah Anda masih ingat dengan kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu? Baru-baru ini susu kental manis tampaknya menjadi topik perbincangan banyak orang. Banyak orang salah kaprah mengenai susu kental manis itu sendiri. Adanya kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu membuat banyak orang mungkin mengurungkan niatnya untuk minum susu kental manis lagi. Sebenarnya apa, sih, yang akan terjadi kalau orang dewasa minum susu kental manis setiap hari? Adakah bahayanya? Yuk, Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Sebenarnya susu kental manis itu apa, sih?

Susu kental manis yang sudah banyak beredar di masyarakat selama ini umumnya digunakan sebagai topping atau campuran dalam makanan dan minuman, bahkan beberapa masyarakat juga mengonsumsinya setiap hari dan memberinya untuk anak.
Padahal, tidak sama seperti susu bernutrisi atau susu pertumbuhan, susu kental manis lebih banyak mengandung gula dibandingkan lemak dan protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan menambah asupan gizi.
Dikutip dari laman Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, susu kental manis merupakan salah satu jenis susu yang mengandung kadar lemak susu setidaknya 8 persen dan kadar protein sekitar 6,5 persen.
Susu kental manis diproduksi ketika susu manis dibuang airnya menjadi setengah volumenya (dikondensasi). Gula sengaja ditambahkan di awal maupun selama proses kondensasi ini sebagai pengawet. Kandungan gula yang tinggi selama proses produksi dapat meningkatkan tekanan osmotik sehingga sebagian mikroorganisme dalam susu bisa mati.

Apa jadinya kalau orang dewasa minum susu kental manis?

Susu kental manis umumnya mengandung tidak kurang dari 28% padatan susu dan 8% lemak susu. Selain itu, juga mengandung gula tambahan, dekstrosa, glukosa, dan laktosa dalam berbagai kombinasi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan nilai gizinya, tak jarang susu kental manis ditambahkan vitamin D dan vitamin A.
Walaupun juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, bukan berarti susu kental manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu meningkatkan asupan gizi orang dewasa. Ingat, susu kental manis tidak sama dan bukan pengganti susu sapi biasa yang lebih padat gizi.
Itulah mengapa orang dewasa sebenarnya tidak disarankan untuk minum susu kental manis setiap hari. Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi dalam susu kental manis, konsumsi susu kental manis setiap hari mungkin bisa menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko diabetes. Kandungan gula dalam susu kental manis dapat menyumbang gula berlebih bagi tubuh.
Lagipula, walaupun umumnya mengandung vitamin D dan vitamin A, tapi susu kental manis tetap tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian orang dewasa.
Jadi, susu kental manis lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan atau minuman yang sifatnya tidak pokok atau sebagai pelengkap makanan. Misalnya sebagai pemanis kopi, seperti yang diutarakan oleh Kirana Pritasari, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI.

Comments

Popular posts from this blog

Indonesia-India Sepakat, Perdamaian Bisa Dicapai Lewat Dialog Lintas Agama

Sebanyak 20 Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Timur Wajib Marger

Kemenristekdikti: Mahasiswa Korban Bencana Di Sulteng Akan Dapat Beasiswa